Wisata Danau Kembar Bali, Buyan dan Tamblingan Yang Mempesona

0 comments




Di kawasan Bali utara, terdapat banyak kawasan wisata yang masih sangat alami. Misalnya saja,keindahan dua danau kembar yakni danau Buyan dan Tamblingan,yang keindahannya tiada dapat diperbandingkan dengan tempat lain.

Udara segar dan sejuk di kawasan puncak desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada Buleleng, Bali, sangat terasa begitu kita melintasinya. Maklum desa ini beradadi dataran tinggi. Dari desa Wanagiri inilah, kita juga bisa menikmati keindahan wisata alam dua danau kembar, yakni danau Buyan dan danau Tamblingan, yang di kelilingi oleh pegunungan.


Dua danau kembar tersebut berlokasi di kecamatan Sukasada, 21 km sebelah selatan kota singaraja. Terletak di pinggir jalan Depasar - Singaraja. Letaknya cukup tinggi yaitu kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut. Sebenarnya kedua danau terletak diantara perbatasan beberapa desa yakni desa Wanagiri, desa Pancasari, desa Munduk serta desa Gobleg yang masing-masing memiliki perbatasan wilayah di kedua danau tersebut.

Dari puncak kawasan puncak desa Wanagiri, kita juga bisa menikmati hutan belantara yang lebat di sekitar danau. Kawasan hutan tersebut adalah salah satu wilayah konservasi alam di pulau Bali. Di tengah hutan terdapat banyak pura yang sudah berdiri sejak ratusan tahun silam.

Adanya kera-kera yang tidak jauh dari kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau Buyan jurusan denpasar-singaraja, yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, menambah daya tarik kawasan   ini sebagai obyek wisata.

Di pinggir jalan, sejumlah warga desa Wanagiri menyediakan tempat bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam danau. Para pengunjung bisa dengan leluasa merekam semua keindahan danau Buyan dan Tamblingan. Tentunya warga desa berharap, bisa memetik keuntungan ekonomi dari para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Misalnya dengan membuka gerai kerajinan lokal dan warung makan.

Kunjungan wisatawan ke kawasan ini terbilang masih rendah, dibandingkan daerah kawasan wisata lainnya. Padahal, keindahan alam yang di tawarkan wisata danau kembar ini, cukup bagus.

Para wisatawan yang hendak menuju kawasan danau Buyan, juga di manja dengan hamparan lahan kebun strawberry milik warga desa pancasari. Bila ingin membeli buah strawberry pun bisa langsung memetik dengan tangan sendiri, sambil melihat kegigihan wanita desa pancasari dalam mengolah lahan strawberrinya untuk kehidupan ekonomi mereka.

Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir untuk mobil tepi danau, penyewaan perahu untuk keperluan memancing ataupun sekesar berekreasi serta fasilitas akomodasi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About

Hak Cipta Oleh Team Wisata dan Kuliner. Powered by Blogger.