Lempah Kuning Khas Bangka

1 comments



Bangka Belitung selain dikenal sebagai daerah penghasil timah juga menyimpan beragam cita rasa kuliner yang tidak kalah dengan didaerah lain di Indonesia. Lempah kuning kepala ikan tenggiri adalah salah satu masakan khas masyarakat Bangka Belitung yang paling terkenal.

Lempah kuning kepala ikan tenggiri merupakan masakan tradisional yang memiliki cita rasa khas yang dapat menggugah selera makan dan juga memiliki khas warna dari kuah nya yang berwarna kuning kunyit. Warna kuning dan aromanya yang khas, mampu merangsang selera siapa saja yang melihatnya.
Bagi anda yang ingin menikmati lempah kuning kepala ikan tenggiri ini bisa datang ke rumah makan Hj. Warsih yang buka dari jam 07 pagi hingga 21 malam di Jalan Kampung Opas Pangkalpinang, Bangka Belitung. Dirumah makan tersebut lempah kuning kepala ikan tenggiri segar langsung dimasak setelah kita pesan.


Memasak lempah ini pun terbilang mudah, karena hanya memerlukan bumbu-bumbu sederhana yang mudah dicari dipasar tradisional seperti bawang putih, bawang merah, lengkoas, terasi, cabai, nanas atau mangga dan garam secukupnya. Yang terpenting lagi adalah kunyit sebagai bahan untuk membuat warna kuah dari lempah ini berwarna kuning dan tak lupa juga yang pasti kepala ikan tenggirinya.

Caranya, masukan semua bumbu yg sudah digiling halus dan tambahkan air asam ke dalam 1 liter air yang dimasak sampe mendidih kemudian masukan ikan nya. Setelah mendidih dan tercium aroma masukkan Nanas/Mangga muda. Lempah kuning siap di hidangkan lengkap dengan sambal terasi (tentunya dengan terasi khas Bangka) dan lalapan pucuk daun singkong.

Meski lempah kuning ini adalah masakan khas Bangka Belitung, namun rumah makan yang menyediakan menu ini sudah sangat jarang ditemui dikota Pangkalpinang.

Para pelanggan yang datang ke rumah makan lempah kuning ini bukan hanya berasal dari kota pangkalpinang saja, namun dari luar kota pun juga sering datang untuk merasakan masakan nikmatnya pasakan khas pangkalpinang, ,

Selain menyediakan menu lempah kuning kepala ikan tenggiri sebagai andalan, rumah makan ini juga menyediakan makanan khas Bangka Belitung lainnya seperti sayur umbut kelapa yang dimasak dengan santan pangkal pohon kelapa yang juga tak kalah nikmatnya untuk disantap bersama keluarga ketika perut keroncongan.
sources: berita86.com

Artikel Terkait

One Response so far

  1. Unknown says:

    Wah masakan laskar pelangi ni.....kelihatannya saja sudah maknyos....

    kunjungi wisata kami ya:
    http://www.zamzamizainuddin.com/2012/10/berwisata-ke-tanah-rencong-aceh.html

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About

Hak Cipta Oleh Team Wisata dan Kuliner. Powered by Blogger.