Kali Suci, Gunung Kidul Cave Tubing yang menantang

2 comments



Kabupaten Gunungkidul, merupakan kawasan perbukitan karst terluas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak heran, jika di wilayah ini terdapat banyak lokasi gua, berikut sungai bawah tanahnya. Wisata minat khusus Kali Suci, misalnya. Wisata ini merupakan petualangan yang menawarkan keindahan gua sungai bawah tanah. Dengan menaiki ban dalam atau disebut cave tubing. Wisata petualangan ini adalah pertama kalinya di Indonesia dan ketiga di dunia.


Gua sungai bawah tanah Kali Suci terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 60 KM dari Kota Yogyakarta. Lokasi wisata ini cukup unik karena terdapat aliran sungai permukaan yang masuk mengalir kedalam goa hingga berhulu ke laut yaitu di Pantai Baron.

Gua sungai bawah tanah Kali Suci memiliki karakteristik yang berbeda dibanding lokasi lain yang ada di Indonesia. Disamping mudah dijangkau, Kali Suci menyuguhkan pemandangan dalam gua yang eksotik. Di Indonesia, cave tubing di Kali Suci merupakan satu-satunya olah raga petualangan bawah tanah, setelah New Zeland Dan Mexico.

Untuk menjaga keselamatan, tiap orang dilengkapi alat-alat safety seperti deker, pelampung, dan helm. Di samping itu, Balita dan penderita penyakit asma dilarang mengikuti petualangan ini. Karena di trip terakhir, atau sesampainya di lokasi finish, peserta harus menaiki lereng bukit, kembali ke permukaan tanah, setinggi 70 meter.














Cave tubing di Kali Suci sekaligus juga sebagai sarana pengenalan dasar kawasan karst perbukitan kapur. Namun demikian, peserta yang menginginkan cave tubing tanpa pendampingan, juga bisa beratraksi di sini.

Waktu yang dibutuhkan dalam sekali putaran cave tubing hingga dua jam perjalanan dengan menempuh jarak kurang lebih Tiga Ratus Meter.

Dengan menaiki ban dalam, peserta menghanyutkan diri mengikuti arus air yang lambat, sambil menikmati keindahan pemandangan sungai bawah tanah, dengan sedikit cahaya dari head lamp.





Melalui petualangan cave tubing, masyarakat luas akan lebih mengetahui dan mengenal potensi serta indahnya pemandangan gua sungai bawah tanah, seperti yang ada di perut bumi Kali Suci.
 Sources : berita86.com

Artikel Terkait

2 Responses so far

  1. win says:

    wiihh keren". sungguh indah alam semsta ini ^^
    kalau punya wktu mmpi di blog saya ya
    http://how-yourblog.blogspot.com/

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About

Hak Cipta Oleh Team Wisata dan Kuliner. Powered by Blogger.